9 Desa Jadi Percontohan SID

Brebes- Di tengah hiruk pikuk pengelolaan program desa di Kabupaten Brebes, sebanyak 9 desa di kota bawang tersebut ternyata terpilih menjadi desa percontohan dalam Sistem Informasi Desa (SID).

Desa tersebut antara lain, Desa Winatirta, Kedungoleng dan Desa Cipetung dari Kecamatan Paguyangan. Kemudian, Sigambir Kecamatan Brebes. Desa Cigedog, Desa Cikandang di Kecamatan Kersana. Selanjutnya, Desa Luwunggede Kecamatan Tanjung, Jatimakmur Kecamatan Songgom serta Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba.

Itu Terungkap saat pelatihan SID yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes bekerjasama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) Jakarta, di Gran Dian Hotel Brebes, kemarin.

Bupati Brebes Idza Priyanti saat membuka kegiatan menyampaikan, seiring perkembangan tekhnologi dan informasi yang semakin pesat, pemerintah dan masyarakat desa diharapkan mampu merespon dan memanfaatkan peluang tersebut guna mendukung pelaksanaan pembangunan di desa masing-masing.

“Berbagai kemudahan akan didapatkan oleh warga masyarakat dan tentunya bagi pemangku kebijakan yang lebih tinggi untuk mengakses informasi mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintah desa secara online, ” katanya.

Menurutnya, keberadaan SID akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kinerja pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan prima, cepat dan tepat ke masyarakat. Bupati berharap kepada 292 desa di wilayahnya bisa menerapkan SID seluruhnya. Juga dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk perencanaan, kontroling maupun evaluasi pembangunan.

Adapun Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut antara lain Kepala Dinpermades Kabupaten Brebes, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Pengurus Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) Jakarta serta Narasumber dan Pelatihlainnya.

Radar Tegal, Kamis 12 Oktober 2017

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan